RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :
XII/2
Pokok Bahasan : Diskusi mengenai kebiasaan coret-coret seragam, konvoi
kendaraan pada perayaan kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek.
Alokasi Waktu : 2x 45 Menit
I.
Kompetensi Inti
KI 1
|
1.Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
2.Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
3.Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, , dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
II.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1 Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1 Siswa berdoa sebelum kelas dimulai
|
2
|
2.1Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.1
Siswa mampu bekerja sama dengan kelompok dengan baik
2.1.2
Siswa mampu menunjukkan sikap yang sopan dalam
berinteraksi
2.1.3
Siswa mampu menunjukkan sikap yang aktif dan
responsif
|
3
|
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari
beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.6.1 Siswa mampu mengidentifikasi topik permasalahan yang
diberikan.
3.6.2 Siswa mampu mengungkapkan pendapatnya terhadap topik
yang dibicarakan.
3.6.3 Siswa mampu mendiskusikan pendapat yang muncul
mengenai topik pada saat kegiatan diskusi berlangsung.
|
4
|
4.6.2 Menyusun pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait
isu kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
|
4.6.2.1 Siswa mampu mengikuti jalannya diskusi dengan aktif.
4.6.2.2 Siswa mampu membuat gagasan yang sesuai dengan topik
yang didiskusikan.
4.6.2.3 Siswa mampu memilah pendapat yang dianggap paling
penting dalam diskusi.
4.6.2.4 Siswa mampu mendemonstrasikan topik permasalahan secara
lisan dan tulis.
|
III.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu mengungkapkan ide atau gagasan terhadap topik yang diberikan
oleh guru baik secara lisan maupun tulis.
IV.
Materi Pembelajaran
Diskusi mengenai kebiasaan coret-coret seragam, konvoi kendaraan pada
perayaan kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek.
V.
Metode Pembelajaran
a. Diskusi
b. Pengamatan/Penugasan
VI.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
1. Guru
memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam
2. Mengajak
para siswa untuk merapihkan posisi duduk dan penampilan
3. Meminta
para siswa untuk memeriksa kebersihan kelas
4. Guru
mengecek kehadiran siswa (GOOGLE CLASSROOM ATTENDANCE)
5. Guru
mengarahkan siswa untuk melakukan Concentration
Game:Say the Colour! (POWER POINT )
6. Peserta
didik dibagi menjadi 4 kelompok
7. Guru
menyampaikan gambaran materi pelajaran
yang akan dipelajari hari ini.(VIDEO YOUTUBE)
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan inti:
1. Guru
membagikan kertas karton kepada setiap kelompok dan menjelaskan apa yang
harus siswa lakukan.
2. Guru
menampilkan gambar pada layar proyektor mengenai kebiasaan
coret-coret seragam, konvoi kendaraan pada perayaan
kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek. (Questioning dan Observing) (POWER POINT: PICTURES)
3. Guru membagikan topik
pembahasan kepada setiap kelompok mengenai kebiasaan coret-coret seragam, konvoi kendaraan pada perayaan
kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek.
4. Guru
memberikan 3 pertanyaan yang harus didiskusikan oleh setiap kelompok secara
bertahap.(POWER POINT)
·
What do
you think about the picture?
·
In your
opinion, what are the consequences of the action?
·
How to
deal with the problem stated?
5. Siswa
mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang sudah diberikan dan menuliskan hasil
diskusi pada kertas karton yang telah
diberikan.(Experimenting)
6. Setiap
grup mempresentasikan hasil diskusi yang sudah ditulis pada kertas karton ke
depan kelas (Communicating)
7. Pada akhir kegiatan, guru
meminta tiap siswa mengupload foto mereka sendiri di akun instagram pribadi
dengan memegang karton hasil diskusi.
8. Guru meminta siswa memberikan
hastag berupa nama kelompok dan men-tag teman kelompoknya serta me-mention
gurunya.
|
75 menit
|
3.
|
Penutup:
1. Guru
menanyakan bagaimana kesan kegiatan
pembelajaran hari ini.
2. Guru
meminta para siswa untuk memastikan kelas dalam keadaan rapih dan bersih.
3. Guru
mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan berdo’a bersama.
|
5 menit
|
VII.
Sumber dan Media Pembelajaran
a. Gambar
b. Spidol
c. Proyektor
d. Laptop
e. Kertas Karton
f. Power Point
g. Google Classroom
h. Video Youtube
i. Instagram
j. Sound System
VIII.
Evaluasi
1.
Ketepatan
grammar
2.
Ketepatan pronunciation
3.
Pemaparan ide
4.
Skala penilaian
A :
8-10 (Very Good)
B :
5-7 (Good)
C :
2-4 (Fair)
The video version of the explanation can be seen at https://www.youtube.com/watch?v=7Sd3KZ63bpE&t=3s
The video version of the explanation can be seen at https://www.youtube.com/watch?v=7Sd3KZ63bpE&t=3s
Komentar
Posting Komentar