RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester                     : XII/2
Pokok Bahasan                     : Diskusi mengenai kebiasaan coret-coret seragam, konvoi
kendaraan pada perayaan kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek.
Alokasi Waktu                       : 2x 45 Menit

I.            Kompetensi Inti

KI 1
1.Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
3.Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, , dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


II.            Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1   Siswa berdoa sebelum kelas dimulai

2
2.1Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1.1        Siswa mampu bekerja sama dengan kelompok dengan baik
2.1.2        Siswa mampu menunjukkan sikap yang sopan dalam berinteraksi
2.1.3        Siswa mampu menunjukkan sikap yang aktif dan responsif
3
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai dengan konteks penggunaannya



3.6.1 Siswa mampu mengidentifikasi topik permasalahan yang diberikan.
3.6.2 Siswa mampu mengungkapkan pendapatnya terhadap topik yang dibicarakan.
3.6.3 Siswa mampu mendiskusikan pendapat yang muncul mengenai topik pada saat kegiatan diskusi berlangsung.

4
4.6.2 Menyusun pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.


4.6.2.1 Siswa mampu mengikuti jalannya diskusi dengan aktif.
4.6.2.2 Siswa mampu membuat gagasan yang sesuai dengan topik yang didiskusikan.
4.6.2.3 Siswa mampu memilah pendapat yang dianggap paling penting dalam diskusi.
4.6.2.4 Siswa mampu mendemonstrasikan topik permasalahan secara lisan dan tulis.

III.            Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengungkapkan ide atau gagasan terhadap topik yang diberikan oleh guru baik secara lisan maupun tulis.

IV.            Materi Pembelajaran
Diskusi mengenai kebiasaan coret-coret seragam, konvoi kendaraan pada perayaan kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek.
V.            Metode Pembelajaran
a.       Diskusi
b.      Pengamatan/Penugasan

VI.            Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Alokasi waktu
1.
Pendahuluan:
1.      Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam
2.      Mengajak para siswa untuk merapihkan posisi duduk dan penampilan
3.      Meminta para siswa untuk memeriksa kebersihan kelas
4.      Guru mengecek kehadiran siswa (GOOGLE CLASSROOM ATTENDANCE)
5.      Guru mengarahkan siswa untuk melakukan Concentration Game:Say the Colour! (POWER POINT )
6.      Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok
7.      Guru menyampaikan gambaran  materi pelajaran yang akan dipelajari hari ini.(VIDEO YOUTUBE)



10 Menit
2.
Kegiatan inti:
1.      Guru membagikan kertas karton kepada setiap kelompok dan menjelaskan apa yang harus siswa lakukan.
2.      Guru menampilkan gambar pada layar proyektor mengenai kebiasaan coret-coret seragam, konvoi kendaraan pada perayaan kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek. (Questioning dan Observing) (POWER POINT: PICTURES)
3.      Guru membagikan topik pembahasan kepada setiap kelompok mengenai kebiasaan coret-coret seragam, konvoi kendaraan pada perayaan kelulusan SMA, tawuran, dan mencontek.
4.      Guru memberikan 3 pertanyaan yang harus didiskusikan oleh setiap kelompok secara bertahap.(POWER POINT)
·         What do you think about the picture?
·         In your opinion, what are the consequences of the action?
·         How to deal with the problem stated?
5.      Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang sudah diberikan dan menuliskan hasil diskusi pada kertas karton yang telah diberikan.(Experimenting)
6.      Setiap grup mempresentasikan hasil diskusi yang sudah ditulis pada kertas karton ke depan kelas (Communicating)
7.      Pada akhir kegiatan, guru meminta tiap siswa mengupload foto mereka sendiri di akun instagram pribadi dengan memegang karton hasil diskusi.
8.      Guru meminta siswa memberikan hastag berupa nama kelompok dan men-tag teman kelompoknya serta me-mention gurunya.











75 menit

3.
Penutup:
1.      Guru menanyakan bagaimana kesan kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Guru meminta para siswa untuk memastikan kelas dalam keadaan rapih dan bersih.
3.      Guru mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan berdo’a bersama.

5 menit



VII.            Sumber dan Media Pembelajaran
a.    Gambar
b.    Spidol
c.    Proyektor
d.   Laptop
e.    Kertas Karton
f.     Power Point
g.    Google Classroom
h.    Video Youtube
i.      Instagram
j.      Sound System

VIII.            Evaluasi
1.      Ketepatan grammar
2.      Ketepatan pronunciation
3.      Pemaparan ide
4.      Skala penilaian
A         : 8-10   (Very Good)
B         : 5-7     (Good)
C         : 2-4     (Fair)

The video version of the explanation can be seen at https://www.youtube.com/watch?v=7Sd3KZ63bpE&t=3s

Komentar

Postingan Populer